Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Bagi-Bagi Tips Blogging di Blogger Gathering-nya BukaLapak!


Hari Minggu tanggal 25 November 2018 lalu gue diundang tim BukaLapak dan BukaReview untuk ngisi sharing session di Blogger Gathering mereka. Dengan suara hampir serupa lelaki karena batuk w belum sembuh-sembuh juga hari itu, gue diminta untuk bagi-bagi tips bikin tulisan blog yang menarik untuk pembaca. Dipikir-pikir, kalo nggak diundang gini-ginian, gue suka lupa kalo blog gue tuh udah mayan bangkotan juga, ya. Ya mayan sih kalo dulu awal nulis umur 20 terus sekarang umur gue 31, lima bulan lagi mau 32 bahkan.

Processed with VSCO with s1 preset

Processed with VSCO with s2 preset

Mungkin berbekal durasi ngeblog yang mayan lama itu gue diundang BukaLapak dan tim BukaReview untuk cerita-cerita soal perjalanan ngeblog. Kalo gitu, sekalian aja gue bagi-bagi konten presentasinya sedikit di sini kali, yah? Event summary gitu ceritanya.

Processed with VSCO with v7 preset

Terima kasih buat yang udah hadir. Pagi-pagi bener pula. LAF!

 

Dulu gue ngeblog pertama kali di www.thejosephines.blogdrive.com. Alay banget lah namanya. Udah gitu blognya bikin sakit mata soalnya backgroundnya warna oranye. Nyahahaha.

blog1

Selama kurang lebih tiga tahun make alamat blog ini, gue nulis cerita keseharian gue di kampus, gue sama sahabat-sahabat kuliah gue, HOBAH, gue di angkot, gue nonton sinetron, gue di kontrakan (di perkampungan Betawi), gue pertama kali kerja kantoran, dan kejadian serta orang-orang aneh yang gue temui. Berhubung belum banyak bahan tulisan gaya hidup (secara budget idup ala kadarnya ya kakaaak), jadi ceritanya lebih berkisar ke observasi aja.

By the way, gue dulu lumayan sering dapet DM yang nanya atau minta gue ajarin caranya ngeblog. Atau bingung harus mulai dari mana kalau mau ngeblog.

Bro, sis, (aku bukan kader PSI tapi -red)

Kalau mau ngeblog, bikin aja blognya, terus…

KERMIT2

NYAMPAH AJA DULU

20171028_133954

Nanti lama-lama juga tau dan kebentuk sendiri interest kita apa, sehingga nulisnya juga jadi lebih terarah topiknya. Semakin sering nulis (dan baca), semakin terbentuk juga gaya nulis kita. Pokoknya sebisa mungkin konsisten aja. 🙂

Di bulan Mei 2010, gue pindah alamat blog ke sini, www.thefreakyteppy.wordpress.com (beberapa tahun kemudian baru beli domain dot com). Sebenernya sih kalo ngobrol sama temen-temen gue yang web developer, blog gue ini mah ala kadar banget interfacenya, kurang menggugah selera, hahaha… Tapi berhubung eyke belum ada waktu dan tenaga untuk rombak penampilan blog ini… HARAP BERSABAR. Jadilah gue menguatkan upaya di kontennya, walau tampilan blogku B ajun alias biasa aja. 

blog2

 

Ketika pindah alamat baru dan terus menulis di sini, nggak berapa lama gue mengalami titik balik atau turning point dalam hidup gue. Kayak gimana tuh maksudnya?

blog4

 

Iya. Terus kenapa?

blog5

 

Emang mesti banget pake embel-embel, Tep?

Ya nggak juga, bebas aja mau pake blogger identity atau nggak. Tapi…

blog6

Kalau mau diseriusin untuk nulis tipe-tipe konten tertentu aja, mungkin ada baiknya kita tentuin nih kita termasuk kategori blogger apa, ya?

 

Terus, Tep,

blog10

blog8

blog9

 

PROSES KREATIF NULIS (ALA GUE)

Travel & Lifestyle Article

Untuk tipe tulisan soal traveling, coffee shop, atau apapun yang ada hubungannya sama gaya hidup, biasanya gue pake banyak metode. Berhubung waktu nulis sekarang udah semakin dikit, gue ganti haluan. Dulu gue bisa nulis satu tempat sampe sekian bagian (Misal: Amsterdam Part 1, Part 2, dan seterusnya), atau satu postingan bisa didedikasikan untuk satu coffee shop. Sekarang mungkin gue fokus hanya ke hal-hal yang menarik aja. Misalnya, “Lima jam di Amsterdam” atau “Lima Coffee Shop untuk Menyepi di Senopati.” Nah, gue kan banyak tuh foto-foto liburan sama kafe yang terpendamnya udah berbulan-bulan bahkan tahunan. Takutnya pas nulis udah basi. Tempat yang mau didatengin udah beda. Triknya gimana? Selain bikin artikel dengan angle spesifik tadi, gue biasanya cek ulang keadaan terkini tempat yang akan gue tulis. Ada update apa di luar sana? Apa tempatnya masih buka? Jam bukanya ganti, nggak? Di negara yang gue kunjungi dua tahun lalu, ada penambahan apalagi yang asik-asik dan bisa gue tambahin ke cerita perjalanan gue yang udah basi kemarin? Kalo emang foto-foto dan cerita gue udah terlalu basi, biasanya gue nggak akan paksain.

 

Movie Review Suka-Suka

Kemarin itu gue juga sempet dapet pertanyaan soal proses kreatif nulis Movie Review Suka-Suka. Sebenernya gue nggak pernah melabel diri sebagai Movie Blogger atau Movie Reviewer (walau ada beberapa di luar sana yang ngasih predikat ini). Agak beban sejujurnya karena aku ini komentator belaka bagaikan Boy Noya pas lagi ngelaporin pertandingan sepak bola. :)) Pada dasarnya gue suka comedy writing. Gue selalu tertarik sama (proses penulisan dalam) Stand Up Comedy dan ngeliat cara para komedian (biasanya gue nonton komedian luar di Netflix) ngatur alur cerita mereka dari build up sampe punchline. Gimana mereka mulai dengan satu topik pembuka, terus tiba-tiba sengaja melenceng, terus dibalikin lagi ke topik awal dengan segala bumbu cerita dan punchline yang bikin ngakak. Itu yang gue usahakan bisa diterapkan di tulisan gue. Ini gue belajarnya juga dari pengamatan doang aja, sih. Kenapa gue nulis pake gaya gini? Karena gue hanya akan nulis sesuatu yang gue suka (mau gue tonton dan baca).

ANYWAY.

Jadi gue biasanya review film yang (selain gue punya waktu dan tenaga untuk nulisnya), gue punya feeling filmnya punya banyak celah cerita untuk dibahas/dibongkar. Kalo filmnya terlalu datar atau terlalu bagus misalnya, agak susah ngebedahnya. Ya nggak mesti film jelek, tapi ceritanya ada naik turun emosinya gitu, ada twist segala rupa jadi bisa dibahas panjang lebar.

Biasanya abis nonton gue bikin catatan kasar dalam bullet points, hal-hal apa aja yang mau gue bahas. Hal-hal apa aja yang paling memorable dari filmnya. Abis itu gue akan nonton trailer dan video-video wawancara terkait filmnya, baca soal filmnya, nonton prequelnya (kalo ini film sequel), nonton film aslinya (kalo ini film remake atau reborn), pokoknya cari tau informasi sebanyak mungkin biar bahan nulisnya makin banyak.

Terus gue akan hunting meme, gif, dan tweet orang-orang (gue suka telusurin sampe reply-reply tweet) untuk “mewarnai” tulisan gue. Biasanya bagian ini gue pake untuk ngerame-ramein tulisan kalo udah terlalu panjang, untuk bridging ke punchline, atau jadi punchline sekalian. Makanya gue butuh waktu lama untuk nyari bahan ini, bisa tiga hari sampe seminggu, karena kalo menurut gue meme-nya nggak ngehek atau nanggung efeknya di tulisan, gue nggak mau pake. #PerfeksionisPadaHalYangSalah :))

Setelah semua materi kekumpul, baru deh gue tulis. Kerangka tulisan biasanya nggak gue tulis lagi, semua ada di kepala. Tapi biasanya kalo gue nemu kata-kata yang menurut gue bisa jadi punchline atau unsur komedi di review (biasanya datengnya selintas-selintas pas lagi ngelamun, stuck macet, nunggu, atau lagi ngobrol), gue langsung catet di notes HP atau laptop. Ini sungguh berguna karena pas udah lama nggak nulis review, kumpulan punchline tadi bisa gue pake jadi pemicu ide kreatif lainnya. Misal, “gue harus pake kalimat ini di review gue, jadi gue harus bisa bikin flow tulisan sebelum atau sesudahnya yang bisa nyampe ke punchline ini.”

Begitu kira-kira, sodara.

Terus proses nyebarin tulisannya gimana, Tep?

Ini juga jadi salah satu hal yang BukaLapak dan BukaReview minta gue untuk share.

Jadi gue rangkum kayak gini:

  • Kenali siapa pembacamu/audiens yang ingin kamu tuju
  • Sebarkan tulisan di media sosial yang cocok (Twitter/IG/FB/Forum)
  • Sebisa mungkin username di berbagai platform sama semua (gue sendiri nggak sama antara IG sama Twitter, cuma masih takut repot kalo gue harus ganti ID Instagram dan pengumuman lagi)
  • Gunakan hashtag
  • Post pada waktu yang tepat sesuai dengan jam aktivitas target pembacamu. CONTOH: jam berangkat kerja, jam istirahat, jam pulang kantor, jam sebelum tidur.
  • Post beberapa kali di hari/waktu yang berbeda, tapi jangan sampe gengges atau ngespam timeline.

Terus kalo emang pengen memperkenalkan blog lebih luas lagi, kita bisa:

  • Coba-coba jadi kontributor majalah/website/portal. Bagus buat exposure.
  • Ikutan lomba blog! 

Untuk yang satu ini, kalo beruntung, orang bisa jadi lebih kenal tulisan dan blog kita. Terus bagus untuk portfolio, plus dapet hadiah pula. Kalo pun belum beruntung, ikutan lomba blog bagus untuk kita latihan nulis, jadi batu loncatan. Gue pun dulu suka iseng-iseng ikutan, kadang dapet, kadang nggak, terus hadiah pertama dulu USB, hahaha… Baru tahun 2014 dan 2017 dapet kesempatan untuk menang.

Nah nih BukaReview lagi ngadain lomba ngeblog, niiih! Mayan banget hadiahnya. Gue juga akan jadi salah satu jurinya. Udah gitu kalian masih punya waktu sampe akhir bulan ini untuk nulis alias masih lumayan lama!

lombablogbukareview

Kalian bisa milih untuk nulis topik-topik ini (satu topik, satu tulisan), tapi bisa submit lebih dari satu tulisan.

  • Gadget: Flashdisk, Laptop Gaming Murah, Power Bank
  • Techno: Game Petualangan, Aplikasi Edit Video, Game Gratis
  • Sport: Sepakbola Indonesia, Bola Basket, Berita Moto GP
  • Hobbies: Belajar Gitar, Mainan Lego, Sepeda Balap
  • Automotive: Motor Bekas, Mobil Bekas, Aksesori Mobil
  • Finance: Investasi, Reksa Dana
  • Beauty: Cara Menghilangkan Jerawat, Cara Menghilangkan Komedo, Cara Memutihkan Kulit
  • Fashion: Jam Tangan, Kebaya Modern, Model Baju Batik
  • Mom: Ibu Hamil, Perlengkapan Bayi, Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
  • Travel: Tempat Wisata di Bali, Wisata Bandung, Wisata Jogja.

 

Waktu gue ikut lomba blog yang dulu-dulu, begitu tau kalo peserta boleh nulis sebanyak-banyaknya dan sesering-seringnya dalam periode yang dikasih, gue sih langsung hajar yah. BIAR JURI MELIHAT NAMAKU. “Wah ni anak gencar banget yah pengen hadiah. Mungkin aku harus memerhatikannya.” 

meme2

Tapi kualitas tulisan tetep dijaga yak, nggak asal banyak aja.

Untuk informasi lebih lanjut:

Syarat dan ketentuan lomba blog BukaReview: bl.id/lombablog

Registrasi lomba bloghttp://bl.id/daftarblog

Akhir kata, selamat mencoba ya, teman-temaaan! Semoga tips-tips gue berguna. 🙂

Oh, dan inget satu lagi buat temen-temen yang baru mulai ngeblog:

Segala sesuatu butuh proses.

Jangan kuatir, tulisan yang baik dan menarik akan menemukan pembacanya di waktu yang tepat.

 

Selamat menuliiiis!

 

 

 

 

 

 

4 comments on “Bagi-Bagi Tips Blogging di Blogger Gathering-nya BukaLapak!

  1. risrisda
    December 2, 2018

    Kak teppy, makasih banget buat ceritanya! Jadi makin semangat buat rajin ngeblog 😆

    *ehem dan siapa tau dewi Tyche lagi berbaik hati ngasih itu hadiahnya*

    • Teppy
      December 3, 2018

      sama-sama, risdaaa! seneng kalo ceritanya bisa membantu 😀 selamat menulis! ikutan dong lombanya hahaha

  2. Tuteh
    December 11, 2018

    Yang jelas tulisan Kak Teppy luar biasa selalu menghibur dan bikin otak fresh!

    • Teppy
      December 12, 2018

      terima kasih banyak, Tuteh! ❤

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 30, 2018 by in Information, Rekomendasi, Review.

Navigation

Archives

Blog Stats

  • 4,298,686 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 30,357 other followers

Follow Teppy and Her Other Sides on WordPress.com

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: