Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

TRAVEL: 10 Travel Hacks for Your Year End Holiday!


Helau teman-teman!

Nggak berasa yah udah mau akhir tahun lagi. Gile bener. Where has the time goneee? Udah akhir tahun gini, biasanya udah pada nyiapin rencana liburan akhir tahun dong, yah? Atau justru lagi sibuk nyari-nyari tiket untuk trip tahun depan? Gue sendiri akhir tahun ini nggak ke mana-mana, lagi nabung sekaligus merenung tahun depan mau ke mana dan ngapain. By the way, beberapa hari lalu gue sempet ngobrol sama satu temen baru dan dia nanya gue udah berapa lama rutin traveling. Nggak kerasa ternyata udah enam tahun gue jalanin hobi ini. Hobi yang bikin hepi, bikin pengalaman nambah, sekaligus miskin papa di saat yang bersamaan, nyahaha…

Anyhoo, gue tau selama enam tahun ini  gue sering nulis cerita perjalanan dan nyelipin tips and trick traveling baik dari persiapan maupun ketika udah sampe di tempat tujuan, tapi kan gue nulisnya masih suka sporadis, tuh. Nah, kali ini gue mau coba ngumpulin beberapa Travel Hacks yang gue baca dan tonton dari berbagai sumber, termasuk nambahin dari pengalaman sendiri juga, siapa tau bisa membantu temen-temen yang lagi nyiapin trip atau justru baru mau mulai traveling untuk pertama kalinya. Travel hacks ini nggak gue urutin secara kronologis untuk sebelum-ketika-sesudah perjalanan, yah. Intinya gue cuma mau berbagi tips supaya perjalanan kalian lebih efektif dan efisien aja. 😀

1. Scan your travel documents: Save it on every gadget you have or e-mail it to yourself

Mengingat kita adalah turis, ada kemungkinan ID kita akan selalu diperiksa di lokasi mana pun, nggak cuma di airport aja. Tahun lalu waktu gue ke satu club di Bangkok sama temen-temen kantor gue, tiba-tiba mereka minta ID diperiksa. Ya manalah eke berani bawa paspor fisik ke club ye kan. Untungnya gue inget gue pernah e-mail scanned passport ke e-mail gue sendiri, so problem solved! Tapi ini baru satu contoh aja, ya. Kalo keadaannya lebih urgent kayak: paspor ilang, kartu ATM ketelen, kartu kredit untuk pembelian tiket pesawat diminta ditunjukkin dan lain-lain paling nggak kita punya scanned document-nya.

travel1

Gambar dari sini

 

2. Hemat waktu dan kurangi deg-degan dengan online check-in

Khususnya buat temen-temen yang traveling dari Jakarta (atau kota-kota lain yang terkenal macet), pasti tau kan waktu perjalanan menuju airport kita tercinta itu suka nggak ketebak. Makanya, gue pasti pilih check-in online biar nanti di airport lebih tenang (satu proses yang bisa ngurangin waktu rempong gue). Selain itu, gue nggak perlu lagi datang terlalu awal ke bandara karena takut ketinggalan pesawat.

Btw bagi yang belom biasa check-in online, kalian bisa manfaatin Check-in Online di  aplikasi Traveloka. Gue udah beberapa kali coba dan memang prosesnya gampang. Enaknya lagi, kita udah bisa check-in online 24 jam sebelum keberangkatan, plus bisa pilih tempat duduk langsung. Yes! Selamat tinggal ngantri check-in di counter bandara~~

3. Untuk yang matanya minus/plus: Prepare your glasses and extra contact lenses

Untuk yang matanya minus atau plus dan harus terbang lama, pasti biasanya suka pake kacamata dulu di pesawat terus pas mau landing atau pas udah sampe baru pake soft lense (buat yang emang pake soft lense). Bener nggak? Nah, duluuu banget pas gue baru awal-awal traveling (tahun 2011), gue yang masih sangat clumsy dan polos ini belum kepikiran pentingnya selalu siap siaga kayak sekarang. Jadilah pagi-pagi pas gue lagi dandan menuju kantor di Singapura, pas lagi masang soft lense, eh… JATUH SEBELAH ke lubang wastafel. YAK BAGOUS! Udahlah nggak bawa kacamata. Kek manalah aku melihat kehidupan ini…

kacamata

Pake kacamata buat long flight udah paling bener, deh. Mencegah mata sepet~

bigstock-Contact-lenses-with-water-drop-75192292

Siapin lebih! Gambar dari sini

Akhirnya dong karena harus segera ke kantor, gue bertahan kerja pake soft lense sebelah doang :)) #jereng Lalu sampelah momen makan siang gue langsung kabur nyari soft lense di mal terdekat. Waktu itu duit cash gue terbatas dan gue belum punya kartu kredit. MENGAPA INI SEMUA HARUS TERJADI?! KESEL.

Kesel karena harus keluar duit beli yang nggak perlu padahal bisa disiapin dari Indonesia. Sejak saat itu demi nggak kesel sendiri lagi gue selalu bawa spare soft lense dan kacamata. Walaupun kita bisa selalu beli lagi di tempat tujuan, tapi kan kadang nggak segampang itu juga belinya, bisa juga kita lagi di daerah terpencil dan lain-lain, kan?

4. Bawa botol air minum kosong untuk isi ulang air minum

Biasanya kalau traveling ke luar, kita suka disuruh buang botol yang masih berisi air minum, kan? Nah, daripada kebanyakan beli air minum di airport lalu nanti kebuang juga, mending bawa botol minum kosong. Di beberapa airport kan suka disediain kran air minum tuh, dan di pesawat kita juga bisa minta pramugari untuk ngisi botolnya daripada bolak balik minta air minum di gelas terus. Botol minumnya juga bisa kita isi ulang dan bawa pas lagi jalan-jalan, kan? Lagi-lagi ngurangin beli-beli yang nggak perlu.

water bottle

Gambar dari sini.

 

5. Bawa universal adapter dan colokan panjang (yang colokannya banyak)

Kayaknya ini nggak perlu penjelasan panjang lagi, ya. Buat manusia kebanyakan perabotan yang juga harus dicharge, colokan panjang adalah kunci! Tapi itu semua nggak akan berguna kalau nggak bawa universal adapter. Saran gue sih beli universal adapter yang sekalian agak mahal tapi tahan lama. Gue pernah beli yang murah tapi dibawa traveling sekali udah memble. So yeah, make a good investment.

plugs

Daripada ribet ngapalin ini semua, mending beli satu universal adapter yang lengkap untuk semua negara. Gambar dari sini.

 

6. Back up your traveling photos RIGHT AWAY

Sekarang jamannya apa-apa udah bisa disimpen di cloud, kan. Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, setiap hari setelah pulang dari jalan-jalan di luar, pastikan untuk memindahkan foto-foto di handphone dan kamera ke laptop atau cloud daripada sakit ati kalau tiba-tiba ilang, kehapus, corrupted, etc.

Lagi pula dengan rajin mindahin data gini memori handphone dan kamera jadi selalu lowong untuk foto-foto di hari selanjutnya, nggak tiba-tiba harus ngapus-ngapus foto ketika mau jepret karena memori kepenuhan. Kenapa gue nyaranin gini? Karena pernah kejadian juga di gue. Udah seneng karena berhasil sampe ke landmark yang diinginkan, eh besokannya kamera gue memorinya corrupted dan gue belum sempet mindahin datanya ke laptop. SAAAD.

7. Ambil duit di ATM negara tujuan

Makin ke sini, gue suka agak males nuker duit sebelum pergi, soalnya seringnya nggak sempet dan kadang-kadang stok mata uang di money changernya juga suka nggak ada. Lalu gimana solusinya? Gue paling suka nuker sedikit aja di Indonesia untuk pegangan, lalu sisanya gue tarik tunai, debit, atau pake kartu kredit di negara tujuan. Tapi inget, cek dulu juga ke bank masing-masing apakah kartu kita bisa dipake secara internasional atau nggak karena kita harus nyocokin logo kartu kita dengan logo kartu yang diterima di mesin-mesin ATM di sana. Kalau yang kartunya berlogo Mastercard, Visa, dan Cirrus, sih harusnya aman, yah. But just check before you leave.

Di situasi lain, temen-temen bisa juga bawa mata uang yang paling universal supaya gampang dituker di sana. Kayak waktu gue ke Maldives, kan mata uang mereka tuh cuma bisa didapat dan dipake di sana, yah. Jadi dari hasil riset gue, mata uang lain yang diterima dan bisa dipake untuk bertransaksi adalah US Dollar. Jadi gue bawa dah tuh USD ke sana. Males juga kalau narik tunainya uang lokal yang nggak bisa dituker lagi nantinya.

8. Beli oleh-oleh di satu atau dua hari terakhir dan manfaatkan supermarket/drugstore!

Awalnya, gue tuh suka beli oleh-oleh di hari-hari awal gue traveling, biar cepet beres dan gue nggak usah beli-beli lagi di hari-hari setelahnya. Sebenernya ini semua tergantung sih, yah. Suka-suka orang aja. Cuma setelah dirasa-rasa, apalagi kalau travelingnya lama dan jauh, males juga ye beta pindah-pindah tempat dengan barang bawaan yang keburu banyak di awal (kecuali bisa dititip di hostel atau tempat temen, nanti pas pulang diambil lagi).

Belum lagi kalau godaan belanjaan pribadi juga datang di saat yang bersamaan. Belum apa-apa udah overloaded tuh koper. Akhirnya prosesnya gue urai. Kalau gue bisa nitip oleh-olehnya di tempat temen sampe sebelum gue pulang, gue akan beli oleh-oleh dari awal. Kalau nggak, gue akan riset dulu ke tempat oleh-oleh atau supermarket terdekat untuk tau gue mau beli apa aja, nanti pas mau pulang baru gue beli. Dengan begini duit gue juga nggak keburu abis di awal, HAHAHA.

Oh, kenapa gue cinta banget sama supermarket (dan drugstore)? Karena banyak pilihan makanan dan barang murah yang nggak bisa ditemuin di Indonesia dan bisa dijadiin oleh-oleh, bahkan banyak yang punya kemasan ukuran besar. Jadi, kalau beli oleh-oleh buat kantor gampang, hahaha. Kalau pengen bawain oleh-oleh pernak pernik lokal, jangan lupa tanya rekomendasi orang lokal atau temen yang tinggal di sana di mana tempat jualan oleh-oleh yang paling murah. Pasti banyak pilihan, tapi cuma orang lokal yang tau yang terkenal murah yang mana.

Coles-1-thumb-400x266-219842

Coles, supermarket penuh harta karun murah meriah di Australia. Laff.  Gambar dari sini.

9. Selalu bawa extra (light) bag

Mau tote bag atau pun ransel (berbahan tipis dan ringan) sekalian, ngebawa tas ekstra selalu membantu kalau lagi jalan-jalan. Entah itu untuk bawa oleh-oleh atau justru dipake pas lagi jalan-jalan untuk ngebawa barang-barang yang diperluin aja, sisanya bisa ditinggal di tempat nginep. Makanya pastiin tasnya yang enak dibawa untuk jalan-jalan juga, jangan yang nyusahin (misal: tali pegangannya pendek jadi harus ditenteng terus).

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ransel ukuran medium di belakang dan tas tenteng selain koper. Tas-tas tipis udah disiapin di dalem koper. (banyak juga toko yang jual foldable travel bag, membantu banget!)

 

10. Hangout with your hostel mates

Walau traveling sendirian itu menyenangkan buat gue, kadang-kadang hangout ramean sama traveler-traveler lain juga seru banget, kok. Selain nambah temen, kadang kita bisa makan bareng, selain bisa jadi sharing macem-macem menu, ongkos makannya juga bisa dibagi!

Salah satu pengalaman gue dulu, gue pernah berbagi ongkos kendaraan ke pelabuhan menuju Gili Trawangan karena nggak sengaja ketemu tiga traveler Jakarta lainnya di sebuah angkot di Lombok, kebetulan kami semua lagi mau ke tujuan yang sama. Di pengalaman lain, gue juga jadi hangout sama beberapa temen baru yang semuanya solo traveler dan jadilah kita ngabisin satu hari sama-sama, terus bisa ganti-gantian foto, NYAHAHA. Seru banget ngobrol dan tuker cerita, terus seketika jadi punya temen baru di negara asal mereka.

This slideshow requires JavaScript.

Nongkrong bareng temen-temen hostel di Bangkok, siangnya nyari makan bareng juga!

“Kalo soal nightlife gimana, Tep?” Nah, kadang-kadang beberapa hostel tuh suka ngadain pub crawling gitu. Jadi kita bayar sekian nominal (nggak mahal sih biasanya), lalu buat yang minat, kita akan diajak jalan bareng-bareng sama temen hostel lain dan guide dari hostelnya untuk pub hopping dan pastinya di masing-masing tempat akan dapet minum karena tadi udah bayar. Mayan kan kalo malem-malem mati gaya?

“Apalagi nih travel hacks-nya, Tep?”

Kalo mau gue panjangin kayaknya bisa jadi satu buku sendiri kan nih, so I guess I’m just gonna leave it here. Yang jelas, yang gue senangi dari hobi gue ini adalah kita mau nggak mau “dituntut” untuk berpikir taktis, efisien, efektif, dan “cerdas,” karena ternyata ada banyaaak banget printilan perjalanan yang harus dipikirin dan diatasin sendiri (atau sama partner perjalanan). Manfaatnya, kita bisa terbentuk jadi makin sigap juga di urusan hidup sehari-hari, bahkan bisa lebih luwes ngadepin orang lain atau satu situasi.

Buat menutup postingan ini, gue kasih beberapa link travel hacks yang mungkin bisa membantu kalian untuk liburan akhir tahun, yah. Selamat mempersiapkan perjalanan, teman-teman! 😀

 

Advertisements

10 comments on “TRAVEL: 10 Travel Hacks for Your Year End Holiday!

  1. figurandjakarta
    December 18, 2017

    panutanque *segera lunasi utang kartu kredit dan 2019 siap jalan-jalan* #sad #namunnyata

    • Teppy
      December 19, 2017

      ahahaha, makasih sayang!

      MARI NABUNG LEBIH BANYAK UNTUK YALAN-YALAN~~~

  2. Dita
    December 18, 2017

    huweeee lengkap sekali ini kak Teppy travel blogger junjunganqueee!

    • Teppy
      December 19, 2017

      hihihi, makasih Ditaaa! semoga berguna, yaaa ❤

  3. fanhar
    December 24, 2017

    Dulu ya, aku selalu bawa bbrp print out documents dan disimpan terpisah buat jaga2 kalau ilang, tp gak pernah kejadian. sampai suatu hari, aku males bawa hard copy jadi bawa soft copynya aja ehh… beneran ilang semua, pasport, ktp, dll termasuk iphone. hihihi.. ribet banget… sekarang kalau travelling, apalagi sendirian, semua dokumen aku taruh di travel pouch yg dicantelin dileher dan gak dilepas sampai tempat tujuan. trauma euy! 😁

    • Teppy
      December 25, 2017

      wah makasih sarannya, fanhar! emang paling aman kalau bawa dua-duanya, ya! 😀

  4. Gracia
    January 3, 2018

    Thanks for the travel hacks-nya kak Teppy! Abis baca postingan kamu jadi langsung semangat supaya tahun ini bisa lebih sering jalan-jalan hihihi

    Btw, aku juga suka pake online check-in-nya traveloka itu kak, praktis bgt ya, jadi bikin happy 😀

  5. Mydaypack
    January 14, 2018

    foto colokan itu loh sangat membantu kita2 yang mau keluar negri hahaha. salam kenal mba, ketemu blognya dari artikel mas nnugie

    • Teppy
      January 15, 2018

      hihihi… senang kalau bergunaaa! salam kenal juga mas!

      • Mydaypack
        January 15, 2018

        sipsippp mba teppy 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Archives

Blog Stats

  • 3,825,457 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 21,871 other followers

Follow Teppy and Her Other Sides on WordPress.com

Follow me on Twitter

Instagram

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: