Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

TRAVEL: A Glimpse of Penang & Mural Hunt in Georgetown


Awal tahun 2015 lalu, setelah nyelesein kerjaan selama 3 hari di Kuala Lumpur, gue nyempetin untuk jalan-jalan sebentar di Penang, sebuah kota di Malaysia yang terkenal dengan makanannya, klentengnya, tempat pengobatannya (setau gue banyak orang Indonesia yang terbang ke sini untuk berobat/check up karena biaya pengobatan lebih murah dan kualitas bagus), kota tuanya, Georgetown, daaan mural-muralnya. Oh, nggak lupa, coffee shopnya juga, dong!ย Sayangnya waktu ke sini gue belum ngebiasain ngopi, jadi biasanya kalau ke coffee shop malah mesen teh, sungguh bodoh. Makanya waktu itu juga nggak ambisius harus nyobain banyak coffee shop, cuma ke beberapa tempat aja yang deket sama hostel. Gue sendiri sengaja memutuskan untuk stay di Georgetown yang emang banyak turis dan hostelnya, karena banyak objek wisata di mana-mana yang bisa dijangkau dengan sepedaan dan jalan kaki.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Lucuk yah pesawatnya~~~ (Air Asia x LINE)

20150124134126

Airportnya bagus dan punya ruang tunggu untuk internetan, duduk-duduk, sekaligus ngecharge sebelum boarding

Karena gue di sana cuma sekitar tiga harian dan nggak gitu tertarik sama klenteng atau vihara, jadi gue cuma menghabiskan waktu untuk liat-liat kota tuanya, mural-muralnya, sama duduk-duduk tak bermakna sambil buka laptop di coffee shopnya. Sempet sok-sokan mau nongkrong sore di Botanical Gardennya, tapi ternyata bentukan tamannya biasa ajaย (menurut gue), lebih buat olahraga, walaupun di area depan ya bisa juga ngana duduk-duduk. Jadi gue jalan sore aja, deh. Sayang gue nggak sempet ke Penang Hill (Bukit Bendera) di deket situ karena udah keburu sore dan pulangnya bakal peer, padahal kalau gue Google, pemandangan Penang dari atas bukit emang bagus!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Soal makanan, well… temen-temen gue sih banyak kasih rekomendasi tempat makan yang enak-enak, cuma biasanya kalau traveling sendiri gue suka males makan (baca: malas eksplorasi makanan khas), soalnya makannya sendirian juga. Kecuali ada makanan yang harus banget dicoba, atau makanannya sekadar kayak snack gitu, baru deh gue bela–belain. That being said, gue sempet masih berusaha nyari tempat makan yang direkomendasiin temen gue, cuma karena beta bego baca peta dan ngeliat arah, akhirnya ada satu restoran Chinese food yang kata temen gue enak banget yang nggak gue ketemuin. Padahal udah niat banget jalannya. Nanya orang juga pada nggak tau. Hiks -_-

20150123220938

Salah satu area makanan pinggir jalan yang rame di Georgetown (deket Jalan Muntri)

Anyhoo, gue sempet juga disaranin nyobain Nasi Kandar, kan. Nasi Kandar itu makanan khas dari bagian utara Malaysia dan emang dari Penang sih asal sebenernya. Katanya nasinya bisa hambar, bisa juga ada sedikit aroma/rasa, terus makannya pake kari dan side dish lainnya. Nah, di Penang itu yang ada banyak rumah makan Nasi Kandar Pelita yang gue liat bertebaran. Jadilah beta datengin ye kan saking tuh tadi restoran Chinese food nggak ketemu-ketemu dan gue udah keburu laper, nyahaha. Lalu gimana rasanya? Sebenarnya karinya emang enak, sih, tapi tadinya kan gue mikir kenapa Nasi Kandar ini seolah direkomendasikan banget gitu, gue kirain ada apanya gitu yang bikin jadi spesial banget. Ternyata nggak mempan buat orang Indonesia kayak gue. Soalnya pengalaman makan Nasi Kandarnya beneran kayak makan nasi di warteg atau warung padang aja. Tinggal minta nasi, terus lauknya pilih sendiri. Mungkin kalau untuk bule akan jadi pengalaman yang beda kali, ya. Kalau di gue jatuhnya tetep kayak makan di warteg. But at least I tried!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Tempat makan lain yang direkomendasiin adalah Gurney Drive, satu area makan terbuka (hawker food) yang rame banget dan menyediakan banyak pilihan. Letaknya di deket Gurney Plaza dan emang menghadap pantai. Masalahnya gue lupa itu pantai apa, hahaha. Tapi ke sana gampang, kok. Selain bisa naksi tentu saja, ada juga bis yang bisa bawa kita ke sana, masalahnya gue lupa aja nomer bisnya berapa.

20150121105100

Dari airport ke tengah kota gue sempet pake Rapid Penang ini (untung jam 12 malem masih ada), terus lanjut naik taksi ke hostel gue di Georgetown. Kalau mau keliling Penang bisa juga naik bis ini ๐Ÿ˜€ Silakan cek keterangan lebih lanjutnya di sini plus jadwal dan guidelinenya di sini.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

ย SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Saking nggak tau mau makan apa di Gurney Drive, gue cuma pesen sosis bakar aja sama jus buah. Basi abis, hahaha. Jangan ditiru, ya. Ada banyak banget opsi makanan di sini! ๐Ÿ˜€

Rekomendasi lain dari temen gue (Ibeth):

Ming Xiang Tai Pastry (Georgetown). Ini toko khusus pia ala Penang dan kata temen gue enak-enaaak! Dia nyobain yang rasa: Panda Kelapa (ENAK BANGET), Nanas Mangga, sama Chicken Barbeque.

Kalo di Penang, piah ini sebutannya Tau Sar Pneah/Tambun Biscuits, gue lupa dulu pas gue di Penang gue belinya di toko mana, tapi yang jelas gue sukaaa banget yang isinya udang (bentuk isinya udah kayak abon gitu). Kalau kalian butuh beberapa rekomendasi toko untuk beli piah ini, coba cek ke sini.

The City

Sebagai pencinta kota (dibanding gunung dan pantai), gue sangat menikmati jalan-jalan keliling kota sendirian. Sebenernya sih niat awal gue mau sewa sepeda, cuma selain waktu itu lagi puanaaas BANGET (ya pas jalan kaki juga berasa sih panasnya, hahaha), gue membatalkan niat sepedaan gue soalnya di beberapa tempat kayaknya agak ribet kalau harus parkir sepeda dulu, belum lagi gue nggak liat ada jalur khusus untuk sepedaan, jadi kadang agak serem sama mobil dan motornya. Tapi kalau nanti ke sana lagi sih gue mau banget sepedaan lagi, paling nggak cukup di Georgetownnya aja pas pagi dan sore (jadi adeeem). Jadilah tiga hari itu gue jalan kaki terus, motretin orang-orang yang lalu lalang, rumah-rumah tua dan lucu, motretin jalan, ya macem-macem, deh. Nggak lupa sambil dengerin musik juga (tetep), semacam me-time walau pulang-pulang ireng kebakar matahari.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Lagi jalan-jalan terus ketemu guguk ~~~ Sadar kamera pula, mana baik lagi. Nyaaaw.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

20150123193659

Baca: Karyawan ๐Ÿ˜†

20150122181533

20150122181147

Hostel

Gue nginep di Ryokan Hostel (Muntri Street 62) di Georgetown. Rate per malamnya cukup murah dan karena letaknya di emang di lokasi yang gue mau, jadi enak ke mana-mana tinggal jalan kaki. ๐Ÿ˜€ Udah gitu karena ini hostel Jepang, jadi kebersihannya terjaga banget. ๐Ÿ˜€ Hostelnya juga deket dengan beberapa kafe/coffee shop lucu, jadi kalau pagi gue suka cari sarapan keluar aja sekalian nongkrong laptopan.

Nah, kemaren-kemaren itu gue sempet sarapan dan duduk lamaaa banget sambil kerja di The Mugshot. Awal tahun lalu gue belum mulai belajar ngopi, jadi mesennya cuma jus sama bagel aja, tapi itu aja udah seneng ๐Ÿ˜€

Selain itu gue juga sempet ke kafe lucu yang nuansanya sepeda, namanya Wheeler’s Coffee. Lagi-lagi masih cemen, jadi pesennya teh doang, deh. Tapi kata Ibeth bagelnya di sini juga enak. Yang paling gue suka dari tempat ini sih karena interiornya lucu dan pegawainya ramah-ramah banget. Sayang aja gue nggak nangkring lama-lama di sini.

Saking gemesnya gue ampe beli dua cangkir-cangkir ini, auk buat apaan juga, sekarang udah nyelip entah ke mana ๐Ÿ˜†

Murals

Nah, ini nih puncak dari trip gue, karena alasan utama gue ke Penang emang pengen banget liat (dan tentu saja foto-foto) muralnya. Suka banget deh kota ini bisa banget memanfaatkan spot-spot random dan tembok-tembok kusam di segala sudut untuk dijadiin karya seni. Kadang tuh nyarinya sampe harus masuk gang-gang yang nggak ada apa-apa (alias kalo nggak ada mural, ngapain juga ke situ, hahaha). Gue waktu itu lumayan ambisius juga. Jadi gue ambil peta & booklet di hostel yang memuat direktori semua mural di Georgetown. Selain ditandain di peta, mural-mural ini udah dikasih kode juga, jadi lebih gampang nyarinya dan jalurnya juga enak karena semuanya diurutin. Seru lah, kayak mural hunt gitu jadinya, ambisius tanpa alasan, hahaha. Gue abis setengah hari sendiri dan malah nemu beberapa mural lain yang nggak terdaftar. Karena gue traveling sendirian dan nggak bawa tripod, jadi gue nggak foto di semua mural, hanya di mural yang bener-bener gue suka aja baru gue minta tolong orang (kadang malah ditawarin orang untuk difotoin saking mereka kasian kayaknya, hahaha.ย 

Ada beberapa artis yang ambil bagian untuk “ngegambar” Georgetown, salah satunya adalah Ernest Zacharevic dari Lithuania yang pada tahun 2012 ditunjuk sama Penang Municipal Council untuk bikin beberapa karya street artย menyambut Penang’ Georgetown Festival. Kalau kalian pengen tahu karya-karyanya apa aja dan ada di mana aja, coba cek di sini (sambil ngegoogle yang lain tentunya).

In the meantime, semoga informasi gue membantu kalian untuk eksplorasi Penang, yaaaa! Inget, harus sabar sama mataharinya ๐Ÿ˜† Selamat mural hunting!

 

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Murals (10)

Murals (8)

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Murals (5)

Advertisements

One comment on “TRAVEL: A Glimpse of Penang & Mural Hunt in Georgetown

  1. DwD
    April 5, 2016

    Aaakkk gw suka mural yang kucingnya di tengah dikelilingin patung kucing yang sering ada di toko-toko :3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Blog Stats

  • 2,170,304 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6,621 other followers

Follow Teppy and Her Other Sides on WordPress.com

Follow me on Twitter

Instagram

eat. sleep. chill. repeat. #bali but first, #coffee (sebelum ๐Ÿฝ)
#teppyscoffeeshoplist i love the color orange so so much, i kept walking back and forth looking at this babe. ๐Ÿ˜ fix target THR ๐Ÿ˜‚ #oranjeboven lol #cappuccino takeaway ๐Ÿป โ˜• #teppyscoffeeshoplist mumsky ๐ŸŒŸ forever in my mind, forever my sweet escape. if nothing works out here, i hope my path will lead me to where my mind wants me to be.
%d bloggers like this: