Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

ADVENTURE: “Chasing Waterfall” at Curug Barong, Bogor


Beberapa minggu lalu gue janjian sama temen gue, Sara, yang tinggal di Bogor untuk jalan-jalan sambil wisata alam di sana. Kebetulan sepupunya Sara, Leeva, yang tinggal di Melbourne lagi main ke Indonesia, jadi sekalian lah antara bawa turis sama jadi turis dalam negeri juga, hahaha… Sebenernya rencana jalan-jalan ini udah lama, cuma karena bulan-bulan kemaren ujan mulu sementara yang kami tuju tuh air terjun, jadi dipending dulu deh sampe awal Mei lalu. Ke air terjun manakah kami? Karena pengen anti mainstream, maka kami nyari air terjun (curug) yang belum banyak diketahui orang. Beberapa bulan lalu gue sempet liat foto temen gue yang lagi berendem di Curug Barong dan dari fotonya keliatan masih sepi, jadi langsung gue ngabarin Sara dan kami masing-masing ngegoogle info lebih lanjut. Akhirnya hari Senin tanggal 4 Mei kami berangkat, deh! Sengaja pilih hari biasa dan pagi-pagi (kami jalan jam 7) supaya di sana (mudah-mudahan) masih sepi.

Whereabouts: Curug Barong ini terletak di Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Kami jalannya ke arah Sentul, sampe sana akan diarahin ke Jungleland, terus ada gang di sebelah kanan jalan, nah masuk situ deh. Itu langsung masuk ke area perkampungan. Dari situ luruuus aja, sampe nemu pertigaan yang kalo ke kanan lo bakal masuk kawasan Wisata Alam Gunung Pancar, nah ini lo jangan belok kanan situ, tetep lurus aja. Pokoknya dari awal masuk gang lurus-lurus aja sepanjang jalan kenangan. Jalan kenangan buruk soalnya jalanannya makin lama makin jelek, hahaha… tapi worth it kok! Masuk area pedesaan itu makin lama makin asri, walaupun nemu yang unik/aneh juga, hahaha…

SAMSUNG CAMERA PICTURES

The adventure squad

curug barong (9)

Untuk ke Curug Barong harus lewatin jembatan ini, atasnya kayu, bawahnya beton. Mayan kuat kok. Nah kontur jalanannya tuh lumayan naik turun dan berbatu, kadang agak curam dan berbatu (bahkan bolong), jadi pake mobil yang gede yah kalo ke sini, minimal Avanza/Xenia.Β 

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sumpah bukan gue yang milox πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

curug barong (10)

(((POM BENSIN SYARIAH)))

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

curug barong (8)

Begitu sampai di area yang mendekati Curug Barong, kami harus parkir dulu deket warung di bawah, terus jalan kaki sekitar 1-2 kilometer. Lupa-lupa inget juga sih, cuma akan makan waktu 45-60 menit kalau jalan kaki. Dan tentu saja alurnya nggak rata, jadi yaaah… pake sendal gunung atau sepatu yang nyaman yah, karena kita bakalan semi hiking! Hihihi… seru! Oh, untuk catatan aja nih, pas markir kan kami dimintain uang masuk, ada karcisnya gitu. Eh jalan dikit ke atas, dimintain lagi, kali ini dikasih karcis berbentuk kartu yang katanya udah sama asuransi. Nggak jelas mana yang bener, yang jelas dua orang yang lumayan beda itu maksa minta duit. Nggak mahal sih, paling per orang kena 3ribu-10ribu, cuma kan males yak ketemu orang-orang dengan mental kayak gini -____-” Udah gitu pas pulang, orang yang di bawah minta duit parkir Rp 20,000 lagi. Buset dikata markir di Grand Indonesia! -_______- Lagi-lagi sebenarnya kami nggak masalah bayarnya, apalagi kalau tau kalo itu permintaan pemerintah daerah yang (seharusnya) digunakan untuk preservasi alam, perawatan, dan sebagainya. Tapi kalo nggak jelas dan cuma akan masuk kantong sendiri dan nggak jadi apa-apa ini yang bikin gue jadi pengen sirem bensin. HIH!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Anyway, trekking pun dimulai… Nanti sampe titik tertentu, jalanan akan misah. Satu ke Curug BengkokΒ Leuwi HejoΒ yang jalannya nurun, satu lagi Curug Barong yang nanjak dan ternyata masih harus jalan jauh. Karena tujuan utama kami ke Curug Barong, jadi Leuwi Hejo ditahan dulu sampe kunjungan berikutnya. Kira-kira begini pemandangan selama trekking…

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Leeva striking a super model pose, those rocks are the runway!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

curug barong (6)

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Super mom, super kid

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Beautiful river!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Bum-bum the adventurer

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Setelah sekian lama jalan akhirnya KAMI SAMPE! Horeee! I would say it was really worth the hike! Curugnya bagus dan biru banget, airnya jernih dan dingin! Seger banget deh berendem di situ abis jalan jauh dan keringetan~~~ Pas dateng pun cuma ada kami aja, jadi belum ada pendatang-pendatang lain, mwahahaha… Serasa private pool! Cuma ye satu hal yang gue benci, kita tuh udah dikasih alam bagus-bagus kayak gini, masih adaaa aja yang suka buang sampah sembarangan. KESEL BANGET! Nggak di dalam sungainya sih, tapi di bebatuan di pinggir sungainya banyak botol Aqua bekas sama snack -_______- BENCI BANGET. Ngerusak aja nih kelakuan. HIH!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

curug barong (13)

*berasa pendekar, nyahahaha*

curug barong (12) curug barong (11)

curug barong (4) curug barong (3)

Jadi kira-kira begitulah perjalanan kami ke Curug Barong, seru banget! Seneng karena bisa nyampe sana pagi, soalnya siangan dikit (jam 10an ke atas) tau-tau udah mulai rame -_- Weekend udah pasti gue hindarin banget, tapi nggak tau juga ya kalau weekend tapi pagi-pagi banget, apakah bearable apa nggak. Mungkin kalo ke sini sekalian aja cuti atau gimana gitu… Masih ada satu wisata lainnya di Bogor yang kami kunjungin, nanti gue tulis di post selanjutnya, ya! In the meantime, selamat merencanakan perjalanan! Have your own private pool time! :*

curug barong (5)

Advertisements

6 comments on “ADVENTURE: “Chasing Waterfall” at Curug Barong, Bogor

  1. Pingback: ADVENTURE: Hutan Pinus di Gunung Pancar, Bogor | Teppy and Her Other Sides

  2. dita
    May 21, 2015

    Wah warna airnya bagus banget ya kak. Seru banget juga kayaknya sepagian jalan2 ke air terjun gini. Mana nemu aja yang aneh2 di jalan (termasuk POM bensin syariah itu) lol

  3. menomcoffee
    May 26, 2015

    Horeeeee … saya belum pernah ke sini … bening banget aer nya jd pengen selfie di situ πŸ™‚

  4. Endah
    May 26, 2015

    Gara2 liat post ka tep di instagram, besoknya langsung pergi kesana huahahahhaha.. worth it banget.. view nya bagus dan emang paling bener kayaknya kesana hari kerja.. sepi jd serasa private pool πŸ˜€

  5. Dita
    May 28, 2015

    baguuuus, tapi trekking-nya lumayan juga yaaa πŸ˜€

  6. Pingback: TRAVEL: Another River and Waterfall Adventure in Sentul, Bogor! | Teppy and Her Other Sides

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Blog Stats

  • 2,170,638 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6,621 other followers

Follow Teppy and Her Other Sides on WordPress.com

Follow me on Twitter

Instagram

mad house, dancing in heat πŸ€£πŸ’ƒ#bali #Saturday night ice cream 🍦(this place serves #coconut based #icecream, i tried the Salted Caramel one and really really liked it πŸ’ƒ) #bali #Greek-ish dinner! #bali this view and my favorite song on replay. for a brief moment, it was as if everything was painted for my eyes only. #bali a big man and his tiny human. nyaw. #bali #candid too sweet, too sweet ❀ 
#bali #candid
%d bloggers like this: