Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Heineken Ibiza Trip Day 1: Jeep Ride, The Beach, and a Great Mediterranean Lunch!


Helau semuanya!

Akhirnya aku kembali setelah libur Lebaran kita yang spektakuler ini. Sembilan hari nggak ngapa-ngapain itu surga dunia banget, ya! Walaupun kalau diterusin bisa-bisa akik pas masuk kantor jadi segede lemari. Aslik bok, makan mulu kerjaan gue.  😆 Laptop kantor yang gue bawa ke kosan dengan niat mulia mau kerja-kerja dikit pun tak tersentuh. Niat mau blogging dikit pun sama aja, gagal dengan sempurna. *sungkem*

Maka karena itu, gue harus memecut diri sendiri untuk mulai rajin nulis lagi sebelum gue lupa sama semua isi ceritanya. Kali ini gue mau melanjutkan cerita perjalanan gue di Ibiza kemaren, dong! Kalau di postingan pertama kalian baru baca awal mula keberangkatan, yang akan kalian baca selanjutnya udah masuk kegiatan utama nih. 

HARI PERTAMA DI IBIZA!

Setelah sarapan yang ruaaar biasa enaknya di hotel kami, Aguas de Ibiza, kami semua siap-siap untuk mengikuti agenda acara yang udah disiapin tim Heineken Indonesia. Kok bukan Heineken Global? Soalnya itu masih Sabtu pagi, sementara acara resmi mereka baru dimulai Sabtu sore. Karena kloter Indonesia udah sampe duluan di sana, jadi kami dibikinin acara sendiri dulu (dibantu sama Heineken Travel) yaitu tur keliling Ibiza utara…

…NAIK JEEP!

WOOHOO! Off road off road gituuu! Seru abis. Sebelumnya gue belum pernah ikutan trip off road kayak gini, jadi seneng aja akhirnya bisa nyobain. Kalau ditanya orang kan enak jawabnya.

“Tep, lo pertama kali nyobain off road di mana?”

“Di Ibiza.”

TAMPAR SAYA, TAMPAR! 😆

*dikampak*

Anyway, hari itu kami ditemenin sama dua orang tour guide bernama Jeremy dan Martina. Mereka berdua adalah orang Jerman yang udah bertahun-tahun tinggal di Ibiza. Si Martina kalo nggak salah udah 30 tahun tinggal di sana, pokoknya lama banget, deh. Kalo si Jeremy sekitar 3 tahunan, dan orang tuanya juga punya rumah di situ, jadi begitulah.

17

2

4

Nah, hari itu kami dikasih tur anti mainstream. Kalo sekedar ke pantai atau ke Ibiza Town mungkin udah biasa, jadi kami dibawa naik jeep ke bagian utara Ibiza, naik-naik ke puncak gunung gitu deh…  agak hororwati juga ya mak sebenernya pas naik-naik itu, karena lumayan curam, tapi secara si Land Rover indang emang terbuat untuk medan seperti itu, jadi ya emang mungkin nggak harus dipikirin biarpun ajrut-ajrutan. Yang pasti seru abis sih, soalnya kayak lagi naik wahana, hauahaha…

5 6 7 8

14

16

Secara off road dan medannya kayak gini, mana debuan pula, manalah kami expect ada orang yang lewat, ya paling mobil lah ya. Kagak dong. Taunya ada aja gitu orang lagi jogging di tengah-tengah hutan berdebu itu, kalo nggak lagi hiking bareng anjingnya kayak di bawah ini. Hadaaaw :3 Lucuk :3 DAN NIAT SEKALI!

9

Oh, jangan sedih, kalo di foto ini keliatannya pagi itu cerah dan udaranya lagi anget, ANGINNNYA TETEP DINGIN SODARA-SODARA! Awalnya sih adem banget, kayak lagi pake AC outdoor gitu (AC outdoor itu gimana maksudnya ya, Tep 😆 ), tapi ada lah momen-momen jompo karena anginnya dingin abis. Kagak bakat jadi warga Eropa deh nih. Untung cuma sesekali kedinginannya, hauahaha… Satu hal yang harus diingat ya sodara-sodari, sejauh apapun ngana pergi, beneran deh, Tolak Angin itu udah nggak ada matinya. Ampuh, mak. Minum deh sebelum berkegiatan dan sebelum tidur. Mengurangi kejompoan. 😆

Lanjuuut! 

Kami melewati daerah pegunungan yang nggak semuanya hijau dan subur. Yang lagi rimbun sih cantik, ya. Tapi yang gersang ya gersang aja. Kenapa? Soalnya ternyata sekitar tahun 2011 lalu terjadi kebakaran besaaar banget yang melalap si hutan dan pegunungan di Ibiza ini. Yang paling parah terjadi di bulan Mei (yang ini kebakaran hutan terburuk sepanjang sejarah di Ibiza), terus bulan September kebakaran lagi aja dong. Pokoknya parah deh, dan itu tuh yang bisa dua hari sendiri kebakarannya. Kagak mati-mati apinya dan malah nyebar. Nah makanya recoverynya pun bertahun-tahun, sehingga masih ada bagian hutan yang gersang dan gundul. Kata Jeremy, penyebab kebakarannya bisa macem-macem dan bahkan sederhana, seperti kecerobohan orang yang buang rokok tapi merembe ke mana-mana. Nah kalo ketahuan bener penyebabnya itu, udah siap-siap aja dah pelakunya bakal dicari sampe dapet terus terima aja nggak keluar-keluar dari penjara, soalnya bakal puluhan tahun, karena udah ngerusak lingkungan. Kira-kira gitu yang gue inget dari ceritanya si Jeremy.

Jadi di bawah ini ada bagian hutan yang hijau, dan ada juga yang gersang dan gundul… 10

Liat, di tengah itu ada rumah khas Ibiza. Warnanya biasanya putih dengan atap datar untuk menampung air hujan. Jadi di Ibiza itu jaraaang banget ujan, sehingga atap rumah dibuat kayak gitu untuk nampung persediaan air. 

11

12

13

Kasian bener ya hutannya pitak gini, huhu…

13b

Okay, setelah turun naik pegunungan, kami berhenti bentar di bagian puncaknya untuk foto-foto! Biarpun ada bagian hutan yang gundul dan keliatan kering banget, the whole view was still so magnificent

24 23 15 18 19 20 21 22

Kelar foto-foto dan turun gunung, kami melanjutkan perjalanan lagi dan tetep ngelewatin medan yang berkelok-kelok menuju… titik paling utara Ibiza!

Setelah melewati hutan dan perbukitan (dan tetep dong ketemu orang lagi jogging! :lol:), kami sampai ke ujung utara Ibiza dengan pemandangan yang BAGUUUUUUUS BANGET! Daerahnya kan sepi, cuma ada pohon, tebing, sama laut. Mana bersih pula. Ada beberapa orang yang lagi sepedaan di sana tapi abis itu juga mereka udah ngelanjutin perjalanan lagi, jadi kalau kalian sampe di situ terus duduk sendirian, itu udah kayak punya sendiri aja. Just you and the ocean.

25 28 27 26

32 33 34

20140523_114706 IMG_4804

35

36

Nama daerahnya di bagian utara ini adalah Portinatx. Sebenernya Portinatx ini sih nama resor di bagian utara Ibiza, di Saint Joan de Labiritja, dan emang terkenal dengan pemandangannya yang spektakuler. Nah, di bagian paling utara Ibiza ini juga berdiri sebuah mercu suar yang menandai daerah ini.

17a 31 30

Kelar foto-foto dan mengagumi tempat ini, kami semua “turun gunung” buat menuju ke… PANTAI! Kami semua dibawa ke salah satu pantai cantik di Ibiza bernama Platja Es Figueral.

plaja es figueral (1) plaja es figueral (2)

Pantai ini terletak di bagian timur laut Ibiza dengan pemandangan menghadap ke private islandbernama Tago Mago. Pantainya sendiri terbentang sekitar 400 meter dengan beberapa restoran dan resor di sekitarnya. Menurut gue pantai ini agak tenang, nggak rame banget kayak model Kuta atau Dreamland, tapi bisa main water sport! 😀

plaja es figueral (6) plaja es figueral (7) plaja es figueral (8)

plaja es figueral (4)plaja es figueral (3)

IMG_4875

Sekali lagi jangan tertipu dengan foto pantai ini yang seolah menunjukkan hari sedang cerah ceria karena matahari bersinar terang. Untung aja akik udah nenggak Tolak Angin, kalo nggak bisa masuk enjing soalnya air lautnya dingin, mamiiih! Jadi ya karena bulan Mei itu sebenernya masih masuk musim semi, air lautnya tentu saja mengikut musimnya, jadi belum anget gitu… Tapi secara kami semua banci foto sejati, ya nggak papa deh dingin-dinginan dulu sementara demi dokumentasi, terus naik lagi ke pantainya. #cemen  

plaja es figueral (13) plaja es figueral (11) plaja es figueral (10) plaja es figueral (12) plaja es figueral (14) plaja es figueral (5) plaja es figueral (20) plaja es figueral (19) plaja es figueral (18) plaja es figueral (16) plaja es figueral (15)

Okay, kelar mantai, kami semua berangkat lagi menuju venue yang udah ditunggu-tunggu: TEMPAT MAKAN SIANG! Hurrah! Karena lagi di Ibiza, tentu saja kami diajak ke restoran yang menyajikan masakan ala Mediterania dengan berbagai menu khas Ibiza. Nama restorannya Pou d’es Lleo. Katanya ini salah satu restoran yang terkenal di Ibiza dan bahkan nggak semua warga Ibiza bisa makan di sini karena lumayan pricey. So Heineken was really giving us the great experience on Ibiza food tasting. Not only the food, but the quality! 😀

lunch & stroll (1) lunch & stroll (2)

Spesialis Paella dan Seafood!

lunch & stroll (10)

lunch & stroll (4) lunch & stroll (3)lunch & stroll (15)

Sajian pertama adalah appetizer yang berupa roti, buah zaitun, daaan mayones khas Ibiza. Mayonesnya ini beda dari mayones yang biasa kita makan, dan ini tuh bikinan restorannya sendiri, isinya cuma: minyak zaitun dan bawang putih, nggak pake telur sama sekali. Udah gitu buah zaitunnya metik langsung pula dari kebun mereka (jadi restorannya tuh di sekitarannya hutan/kebun gitu, jadi tanamannya langsung diambil dari sana).

Rasanya? ENAK BANGET! Itu sambil nunggu makanan lainnya dateng, kaga berhenti-berhenti gue makan tuh roti sama mayonesnya. Asli, deh.

lunch & stroll (5)

Dua mata saya, hidung saya satu… TAPI SATU MULUT SAYA, TIDAK BERHENTI MAKAN! 😆

Terus ada salad, tapi karena gue nggak begitu suka sayur, jadi akik skip

lunch & stroll (6)

Itu yang atas itu asparagus katanya…

Terus sampe deh waktunya main course! Kali ini kami nyobain salah satu ikan khas Ibiza, namanya ikan Mero. Dimasaknya cukup dipanggang seperti di bawah ini. Tapi masakannya well marinated banget alias bumbunya sangat meresap, dan matengnya pun pas! Rasanya asin-asin gitu… Sehat bener ya semua dipanggang gini. Tadinya kata waiternya kami mau disajiin ikan khas satu lagi, yaitu ikan Dorada, cuma karena katanya masaknya masih lama atau apaaa gitu, jadi disajiin ikan Mero ini. (Untung akhirnya si Dorada tetep dicoba pas di Madrid – sama-sama enak kok kayak si Mero! :D)

lunch & stroll (7)

Abis itu… DESSERT! Nah ini juga salah satu dessert khas Ibiza nih, namanya Flao! Pernah gue bahas juga di postingan makanan khas Ibiza di sini. Kalo gue rasa-rasa, tekstur kuenya agak basah dan rasa cinammonnya lumayan kenceng. Tapi manisnya pas kok. 😀 Ini kalo gue nggak salah inget rasanya, ya. Sebenernya konsepnya si Flao ini semacaem cheese cake yang terbuat dari rempah-rempah dan madu. Pokoknya begitu gue rasain, yang gue inget rasa kayu manis aja.

lunch & stroll (8)

Sebenernya sih makanannya udah sampe situ aja, tapi yang gue suka adalah ngebir dan ngewine siang-siang sambil makan. Gue cinta berat sama white wine, makanya kalo makan gue minta white wine mulu, hauahaha…

Tapi sempet ada juga nih minuman khas Ibiza yang disediain supaya kami semua coba. Jadi kami minum rame-rame, deh. Namanya Hierbas. Terbuat dari rempah-rempah (herbs) dan alkohol. Yah sekadar dicoba sih nggak papa ya bok, biar tahu aje. Tapi sumpe deh rasanya kagak enak banget, pas gue minum kok ya malah serasa minum aseton yang buat ngapus kuteks itu, hauahahaha… udah gitu bekas rasanya “kenceng” banget. Gue mesti minum air lagi untuk ngebilas rasanya yang nggak enak itu. Cuma ya selera masing-masing sih, jadi silakan dicoba dan dibuktikan sendiri. Hihihi…

lunch & stroll (9)

Oh, ya. Sebelum minum tentunya kami toast dulu dong. Nah kalau dalam bahasa Spanyol, biasanya cheers itu disebut “Salud.” Tapi biasanya bisa juga disebutkan sebagai pengganti “bless you” ketika ada yang bersin. Aneh, ye? Hauahaha…

Anyway, biasanya sebelum ngomong “Salud” ini bisa dipanjangin lagi sebelum kita minum dan biasanya ini untuk shots ya.  Jadi ada empat ucapannya:

1. Arriba = angkat gelas ke atas, pegang pinggiran gelas

2. Abajo = turunin gelas ke bawah, pegang bagian bawah gelas

3. Al Centro = gelas dipegang ke tengah, di depan badan

4. Pa’ dentro atau Adentro (literal meaning: inside)… lanjutin ngomong Salud = bottoms up! Minum, deh! 😀

Nah, kalo toast biasa sih katanya cukup “Salud” aja, tapi bisa dipanjangin jadi “doa” juga, misalnya:

“Salud, dinero, amor, y tiempo para disfrutarlos!”

Terjemahan: “(Here’s to) Health, wealth (money), love, and the time to enjoy it!”

Kalau kata guide yang di Madrid sih sebenernya abis “Salud” bisa diganti macem-macem, tapi biasanya yang standar adalah ucapan yang gue tulis di atas. Demikian sekilas info. 😀

Yah, jadi kira-kira gitu deh pengalaman kami dari pagi sampe sore di hari pertama di Ibiza. Abis itu kami harus balik ke hotel karena mesti siap-siap ke acara selanjutnya. Tapi sebelumnya kami berhenti dulu di deket marina situ, soalnya masih ada yang mau cari oleh-oleh dan ini itu bentaran, untungnya deket banget sama hotel, jadi kami sekalian jalan-jalan sore dikit, deh. 😀 FYI, kalo kalian nanti sempet ke Ibiza, mendingan beli oleh-oleh di sini ketimbang kota besar kayak Madrid dan Barcelona, lebih murah di sini soalnya. At least magnetnya bisa beda 2 Euro  lebih murah harganya. Lumayan, kan? Demikian sekilas info lagi. Hihi… 😀

lunch & stroll (12) lunch & stroll (19) lunch & stroll (17)

house

What a cute little house!

lunch & stroll (18) lunch & stroll (20)

Welcome to my backyard! *dilelepin*

lunch & stroll (11) lunch & stroll (22) lunch & stroll (21) lunch & stroll (23) lunch & stroll (24) lunch & stroll (25) lunch & stroll (26)

Dengan kembalinya kami ke hotel, berarti lo semua akan baca cerita lanjutan lagi di postingan selanjutnya!

NEXT: Heineken Warm Up Party in Ibizaaa! 😀

Photo credits: Cesar, Gane, Dimas, Peksi, Teppy a.k.a saya sendiri 😆

Advertisements

3 comments on “Heineken Ibiza Trip Day 1: Jeep Ride, The Beach, and a Great Mediterranean Lunch!

  1. sylvi
    August 5, 2014

    pinginnnn kesanaaaaaaaa….

  2. Wulan
    August 9, 2014

    Hutannya bagus bangeeeet. coba ada hutan seperti itu di Jakarta. *ngarep* 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 5, 2014 by in Seru-seruan, Teppy's Fave, Traveling and tagged , , , , , , .

Archives

Blog Stats

  • 2,387,173 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 7,292 other followers

Follow Teppy and Her Other Sides on WordPress.com

Follow me on Twitter

Instagram

Pertolongan pertama pada banyaknya deadline 🙃🙃🙃 #teppyscoffeeshoplist #coffeetime #coffeeshop Sisters through thick and thin. Literally, and figuratively 🤣 #since2004 Here's wishing you a good #Saturday :)
Great (and cute) #coffee by the way, @thewestinjakarta ❤

#teppyscoffeeshoplist #coffeetime #coffeecup From the 52nd. #jakarta #westin current alternate universe. #bali #travel missing the cliff, the sea, the beers, and the company. #bali #balian
%d bloggers like this: