Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Wisata Anti Mainstream di Ibiza!


Ibiza memang identik dengan partynya yang gila-gilaan, international DJ dan club yang bertaburan, dan pantai-pantai cantiknya yang selalu rame. Tapi setelah gue baca-baca nih, ternyata sisi “gila-gilaan”nya pulau ini tuh cuma sebagian kecil dari pulau ini, yang mana sebenernya bikin si Ibiza ini unik, karena kalo mau cari keramaian bisa banget (dan keren pula!), tapi mau cari sisi adem ayemnya juga bisa!

Jadi kalo orang nanya pengalaman kita di Ibiza, kita bisa kasih rekomendasi mulai dari party dan club terOK sampai wisata anti mainstreamnya buat yang suka “menyepi.” Abis nonton Liga Champions sama Heineken dan party semalem suntuk di Ushuaia Club yang guede banget itu,  besokannya kita bisa menuju sisi lain dari pulau ini! (ngayal dulu aja yes, kan kita penuh persiapan kali-kali dikirim beneran 😆 )

Terus ada apa aja?

Ini nih spot-spot anti mainstream di Ibiza yang bisa kalian tuju 🙂

1. Pulau Formentera

Okeh, pulau ini setelah gue baca juga lumayan terkenal ternyata, tapi tetep anti mainstream. Soalnya kalo di sini tuh lo nggak bakal jemuran sambil empek-empekan sama orang-orang di sebelah elo. Si Formentera ini tuh suka disebut “adik”nya Ibiza. Adik yang kakaknya cakep banget, tapi kalo si adik muncul bubar jalan dah, semua perhatian teralih ke dia karena lebih cakep, hauahaha *pukpuk* Untuk menjangkau si Formentera ini lo harus naik boat dulu sekitar 2 jam. Formentera ini terkenal dengan suasananya yang tenang dan tentu saja airnya yang jernih minta diceburin. Pokoknya kalo mau mewujudkan kata “white sandy beach, crystal clear water with a touch of blue and turquoise” yah lo ke mari dah. 😀 Emang paling pas buat leyeh-leyeh menyepi katanya. Kegiatan lain ya kayak diving, snorkeling, terus mancing… tapi serunya lagi lo bisa sepedaan di sini, udah ada jalurnya gitu. Terus bisa sewa skuter juga untuk keliling pulau. Kalo ini gue ngarepnya diboncengin bule Spanyol yang nemu di sana sih, biar mesra kayak lagi syuting FTV. #apasih Oh, Formentera juga dikenal sebagai “the last Mediterranean paradise” karena pulau ini bisa menggabungkan tourism dan environmental protection. Kece, kan?

formentera2

Gambar dari sini.

formentera3

Gambar dari sini.

2. Es Broll de Buscastell

Nah ini tuh kayak mata air kuno gitu dan dikelilingi lembah, bebatuan, dedaunan, pokoknya mah wisata alam banget deh. Airnya juga lagi-lagi jernih, ya kalo mau buteg mah kagak usah jauh-jauh ke Ibiza ya, kan, main aja ke waduk di mari. 😆 HARUS KE SINI! Unik!

Ibiza is an island in the Mediterranean Sea 79 km off the coast of the city of Valencia in Spain. It is the third largest of the Balearic Islands, an autonomous community of Spain.

Gambar dari sini.

esbroll2

Gambar dari sini.

3. Sant Agustí des Vedrà

Ini tuh kayak desa kecil di bagian barat Ibiza dengan gereja (The Parish Church)  dan beberapa restoran yang menjadi daya tarik desa ini. Letak desa ini tuh di atas bukit gitu, jadi lo bisa dapet pemandangan ke countrysidenya 😀

sant-agusti

Gambar dari sini.

4. Santa Gertrudis de Fruitera

Ini juga mirip-mirip sama Sant Agusti des Vedra. Desa kecil juga, punya gereja juga, tapi letaknya di daerah sentral pulau Ibiza.

santagertrudis1

Gambar dari sini.

 5. Es Vedra & Sa Pedrera (Atlantis)

Do you want another magical view? Coba ke landmark terkenal di Ibiza ini. Kalo si Es Vedra tuh pulau berbatu dari barat daya pesisir Ibiza. Pulaunya nggak berpenghuni gitu. The view? Breathtaking!

Es Vedra, Ibiza, Balearic Islands, Spain (MR)

 Gambar dari sini.

Nah, kalo si Sa Pedrera lebih kayak secret beach gitu, dan juga berbatu… tapi saking bagusnya pantai dengan jalur batu-batu ini (trail of stones) sampe dijulukin “Atlantis”-nya Ibiza.

pedreracaladhort1

Look at the view… *pingsan*

Gambar dari sini.

LANJOUUUT!

Kalau liburan ke pulau, biasanya suka nyari sunset atau sunrise kan? Nah, menurut warga lokal ini, spot sunset paling kece di Ibiza adalah di…

6. Cala Comte 

Cala Comte ini sebenernya gabungan dari beberapa pantai, makanya disebut Platges d’En Comte (Beaches of Comte) dan katenye nih, Cala Comte punya pemandangan sunset terbaik seIbiza. Mungkin kayak sunset spot di Gili Trawangan kali, ya. Magis-magis gimanaaa gitu.

calacomte1

 Gambar dari sini.

Nah, katanya kalo lagi di Cala Comte, lo dateng deh ke bar yang namanya Sunset Ashram, nongkrong di berandanya, dan nikmati view kayak gini. *gasp*

sunsetashram

Gambar dari sini.

7. Hiking!

Kalo mau yang rada sehat dikit dan nggak bersentuhan sama air, kita bisa trekking di tanjung yang penuh sama pohon pinus yang terletak di antara pantai Es Cavallet dan sama resor Playa d’en Bossa. Waktu untuk sampe puncak kira-kira 2 jam dan kalian akan melewati hamparan pinus untuk kemudian sampai di atas. Katanya sih nggak perlu pake kompas atau peta selama kalo lo jalan lo liat laut dari sebelah kiri lo (kalo jalan dari Playa d’en Bossa) atau kanan (kalo jalan dari Es Cavallet).

view-from-es-cavallet-headl

Gambar dari sini.

7. Leha-leha di Puerto de San Miguel

Nah, tempat yang juga banyak restoran dan cafe ini agak jauh dari hingar bingar Ibiza. Biasanya jadi favorit buat orang-orang yang nyari ketenangan atau buat keluarga yang bawa anak. Pantainya dapet, tapi masih bisa menyepi atau piknik juga. Mau mancing juga bisa! Kalo ke sini, harus nyobain restoran Port Balansat karena katanya ini restoran ikan paling enak seIbiza! Oh, dan kalian juga bisa tour ke satu goa di sana, namanya Can Marça Caves. Random kan, tau-tau  ada wisata goa aja gitu di Ibiza. 😆

port-de-sant-miquel-vistas

Gambar dari sini.

Cueva-can-Marça-1

Gambar dari sini.

Terakhir…

8. Makaaan!

Oke, kalo ini sih emang kegiatan mendasar ye, kagak ada anti mainstream anti mainstreamnya. Cumaaa… gue baca ada beberapa rekomendasi restoran yang harus lo cobain di sana ketimbang kejebak sama resto-resto mahal dan biasa aja di Ibiza sono:

-Lunch di Es Torrent, dan pesen menu John Dory, katanya masakan ikan Dory terenak dah pokoknya

-Bisa juga lunch di Fish Shacktempatnya sederhana, nggak ada alamat jelas dan nomer telpon, kursinya juga cuma kursi plastik, tapi ikannya enak banget dan lo harus coba grilled prawnsnya!

Cami de Balafia —> Menyajikan menu tradisional Spanyol, bahan makanannya fresh, semuanya ditanem sendiri. Atmosfirnya juga menyenangkan dan makanannya enak-enak semua, terutama steaknya. Reviewnya juga bagus banget di TripAdvisor, silakan dicek di sini.

Amante —> secluded beach club spot. Ke sininya katanya agak susah, medannya kurang kece, tapi Kylie Minogue aja ngefans sama tempat ini!

amante

 Gambar dari sini.

Es Boldado —> Yang paling wajib coba di sini tuh Paellasnya yang ciri khas rasanya ada di saffron dan lemonnya. Udah gitu restoran ini termasuk prime sunset spot dengan view Es Vedra, si pulau berbatu tadi. Huowowow! Kalo ke sini harus bawa cash cukup ya, mereka nggak nerima kartu kredit soalnya.

El Bigote —> Yang ini juga nggak ada nomer telpon, jadi lo harus dateng ke sana untuk reservasi atau nyoba walk-in. Katanya restoran ini terkenal banget padahal menunya cuma satu loh: bullit de peix (fish cooked in saffron with potatoes) and rice cooked in the fish broth. Katanya juga si empunya restoran ini alias ‘El Bigote’ sendiri sering ada di situ daaan… saking terkenal tapi strictnya, katanya Raja Spanyol mau makan di situ aja disuruh dateng lagi karena dia nggak reservasi 😆 

elbigote

Gambar dari sini.

Yah jadi kira-kira itu deh beberapa rekomendasi gue kalo pengen berwisata dan makan sukses di restoran yang nggak mainstream di Ibiza. Sebenernya kalo mau lebih seru, kalian juga bisa sepedaan atau skuteran keliling pulau Ibiza ini, tinggal sewa aja. Nah, kalo yang jalan ramean, semua tempat yang tadi gue sebut kan butuh kendaraan, ini gue dapet rekomendasinya kalo lo mau sewa mobil atau bahkan nyariin lo rental apartemen/rumah selama di sana, namanya Deliciously Sorted Ibiza.

Ini gue ngomong kayak gini macem lagi ngomongin Bali ye, kayak Ibiza cuma selemparan kolor dan bawa duit seadanya cukup, huahahaha… tapi namanya juga optimis! Anggep aja nanti-nanti mau ke Ibiza udah kayak mau ke Jogja, no problem with money! Tinggal terbang! Untuk sementara, mari kita tetep berusaha supaya Heineken Indonesia mau ngirim kita ke sana! Mwahahaha…

Buat lo yang juga konsumen Heineken dan pengen ngerasain party, nonton Final Liga Champions, dan menikmati wisata anti mainstream dari rekomendasi gue tadi di Ibiza, jangan lupa ikutan kompetisinya. Tanggal 21 April nanti kelar, loh! Buruan, yuks! 😀

Caranya:
 

1. Temuin kode yang tersebar secara online di berbagai blog atau website tertentu dan secara offline di outlet resmi Heineken seperti: 7-11, Circle K, Carrefour, atau restoran/cafe/bar favorit lo di Jakarta, Bandung, Surabaya, Batam, dan Bali.

2. Masukkin kode yang udah lo temuin ke dalam aplikasi “Heineken Road to Ibiza Final” di Facebook Heineken dan masukin data diri lo yang lengkap.

Link app dari Facebook: https://www.facebook.com/heineken/app_257531604429041

Link app untuk mobile device: http://apps.heineken-roadtoibiza.com/

3. Ceritain alasan kenapa lo pengen nonton bareng pertandingan final UEFA Champions League di Ibiza. Contohnya gue nih, kalo ke Ibiza buat gue tuh ibarat ziarah hedonisme. Biar hedon tapi wajib. #apose. Ya pokoknya gitu deh, sebelum tua kudu ke Ibiza, sukur-sukur party sama pemain bola dunia, ya kan? Kalo ngayal jangan tanggung-tanggung, siapa tahu kesampean! 😆

4. Lo juga bisa menggunakan aplikasi Facebook “Heineken Road to Ibiza Final” dan follow twitter @HeinekenID untuk dapet petunjuk dalam mencari kode lainnya.

Sebanyak 5 (lima) pemenang akan diumumin tanggal 23 April di Facebook Heineken. Kontes berlangsung selama 21 hari, dari 1 April sampai 21 April 2014.

SAMPAI KETEMU DI IBIZA! (Ikutan kompetisinya dan doa yang kenceng! LOL)

 

 

 

Advertisements

3 comments on “Wisata Anti Mainstream di Ibiza!

  1. Pingback: The Ultimate Part of Ibiza: PARTYING! | Teppy & Her Other Sides

  2. Khairunnisa Siregar
    April 26, 2014

    Kak Teppy selamat ya menang ke Ibiza! Asik banget abis dari Belitong ke Ibiza juga. Langsung deh semua yg dilist ini kesampean semua 😀

  3. Teppy
    November 10, 2014

    ya ampun aku baru baca iniiii! terima kasih ya sayaaaang 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Blog Stats

  • 2,170,033 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 6,621 other followers

Follow Teppy and Her Other Sides on WordPress.com

Follow me on Twitter

Instagram

i love the color orange so so much, i kept walking back and forth looking at this babe. 😍 fix target THR 😂 #oranjeboven lol #cappuccino takeaway 🐻 ☕ #teppyscoffeeshoplist mumsky 🌟 forever in my mind, forever my sweet escape. if nothing works out here, i hope my path will lead me to where my mind wants me to be. found a (brighter) #redlipstick in my drawer that i never really used. 👄: #SilkyGirl Matte Junkie #LipCream (08-Artsy) #KYT reunited tonight to celebrate two May warriors #birthday, @mayatania & @delanieds. Happy to see you three tonight, ladies 👄👄👄
%d bloggers like this: